JANGAN MARAH (INGAT PESAN RASULULLAH SAW)

Seorang sahabat berkata kepada Nabi Saw, "Ya Rasulullah, berpesanlah kepadaku." Nabi Saw berpesan, "Jangan suka marah (emosi)." Sahabat itu bertanya berulang-ulang dan Nabi Saw tetap berulang kali berpesan, "Jangan suka marah." (HR. Bukhari)

Sahabat, "JANGAN MARAH" pesan ini memang begitu singkat, namun jika kita resapi maknanya lebih dalam lagi, maka kita akan menemukan bahwa hikmah dibalik pesan ini sangatlah AGUNG. Karena dengan kita menahan marah berarti kita telah membiasakan diri menjadi seorang penyabar, menjadi lebih rendah hati, selalu mengingat Allah (istigfar/dzikir), terlindung dari syetan, menjernihkan pikiran, mejaga hati dan dengan demikian kita telah menang mengalahkan nafsu kita sendiri.

Dari Abu Hurairah ra., Rasulullah saw bersabda: “Orang yang kuat itu bukanlah orang yang menang berkelahi, tetapi orang yang kuat adalah yang dapat menguasai dirinya di waktu marah.”(HR. Bukhory).

Bahkan di dalam Al-Quran disebutkan bahwa orang yang mampu menahan amarahnya merupakan ciri-ciri dari orang yang bertaqwa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Berikut FirmanNya dalam surat Ali Imran ayat 134 :

الَّذِينَ يُنفِقُونَ فِي السَّرَّاء وَالضَّرَّاء وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ وَاللّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang MENAHAN AMARAHNYA dan mema'afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. (ALI 'IMRAN (KELUARGA 'IMRAN) ayat 134) Wallahu a'lam.

Semoga kita termasuk umat yang dirindukan Rasulullah SAW.
Kumpulkan kami bersama RasulMu yang mulia..di JannahMu…Aamiin.

Marilah kita berdoa, bermunajat kepada Allah. Semoga Allah mengampuni kita, dan menghapuskan kita dari segala dosa yang telah lalu.

Ya Allah,
Ampunilah semua dosa-dosa kami, baik sengaja atau pun tidak, berkahilah kami, ramahtilah kami, berikanlah kami hidayah-Mu agar kami senantiasa dekat kepada-Mu hingga akhir hayat.

Aamiin ya Rabbal'alamin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Enam Tanda Sehatnya Hati

BALASAN & AZAB DOSA ZINA ..